www.omahfeast.com
Heritage Of Simplicity
Search
Search:
News
6 Januari 2020
Aquaplaning
Aquaplaning atau hydroplaning merupakan kondisi saat dimana ban tidak mendapatkan traksi pada permukaan jalan karena terhalang lapisan air. detail

26 Agustus 2018
Surga Kecil di Bromo
Bromo merupakan salah satu destinasi wisata yang favorit di Indonesia. Tak hanya keindahan alam yang disuguhkan oleh Bromo tapi disini kita disadarkan bahwa "God is the best creator". Warga sekitar menyebutkan bahwa Bromo tak pernah sepi dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Lalu apa saja yang bisa kita nikmati di Bromo ini? detail

26 April 2018
Welcome to Semarang, Kota Penuh Kuliner Legendaris
Semarang Kota Altlas, Semarang Kota Kuliner. Yuk, intip kuliner apa saja yang legendaris di Kota Semarang. detail

14 Februari 2018
Referensi Hotel di Jogja!
Mau Liburan di Jogja? Sudah tau mau menginap dimana? Atau masih bingung? Nih, kita kasih referensi hotel yang ada di Jogja kota istimewa... detail

30 Juni 2017
Arus Balik
Yakin perjalanan anda lancar? Bingung memenntukan jalur yang akan dilewati? detail

15 Juni 2017
STNK
Syarat pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor area Semarang. detail

» index berita

Aquaplaning


6 Januari 2020

Hujan akhir-akhir ini sudah mulai sering datang, hal ini membuat permukaan jalanan bakal sekian lama basah atau bahkan tergenang air. Saat berkendara pada kondisi itu, pengemudi jangan sepelekan efek aquaplaning demi keselamatan. Ketika musim hujan sudah melkita, kita selaku pengguna kendaraan dituntut untuk lebih berhati – hati ketika berkendara.

Aquaplaning atau hydroplaning merupakan kondisi saat dimana ban tidak mendapatkan traksi pada permukaan jalan karena terhalang lapisan air. Dalam kondisi seperti itu kendaraan cenderung sulit dikendalikan dan bisa berujung kecelakaan. Diibaratkan seperti ban mobil berjalan di atas permukaan air, sehingga ban mobil kehilangan traksi penuh pada aspal, dan mampu menyebabkan mobil tergelincir.


Aquaplaning bukan hanya bisa terjadi saat hujan, tetapi mungkin juga setelah hujan saat jalanan masih basah. Pada kondisi hujan visibilitas pengendara pasti berkurang hingga posisi genangan air bisa saja tidak terlihat.

Aquaplaning atau Hydroplaning ini terjadi akibat kita memacu kendaraan terlalu kencang pada saat permukaan jalan sedang basah. Selain itu, masih banyak lagi faktor – faktor penyebab terjadinya Aquaplaning atau Hydroplaning.

Sudah pasti, kita memicu kendaraan terlalu kencang. Dengan kita memicu kendaraan terlalu kencang, otomatis daya angkat mobil menjadi lebih besar sehingga tekanan permukaan ban terhadap air yang tergenang menjadi lebih sedikit.

Bobot kendaraan yang lebih ringan, ini juga dapat disebabkan karena kita memicu kendaraan dengan kecepatan tinggi, biasanya semakin tinggi kecepatan, mobil yang tidak memiliki desain aerodinamis yang bagus, akan lebih mudah mengangkat, dan ini dapat membuat bobot kendaraan terasa lebih ringan.

Kondisi ban mobil yang sudah tidak layak (Aus). Aquaplaning atau Hydroplaning terjadi akibat ban mobil tidak dapat memecah genangan air dengan sempurna. Nah, bagaimana bisa sempurna jika telapak ban mobilnya saja sudah aus. Benar?

Desain telapak ban mobil yang tidak sesuai, contohnya penggunaan telapak ban mobil semi slick digunakan pada jalan basah. Yang intinya tidak sesuai dengan keadaan jalan yang dilewati.

Terkadang faktor komposisi genangan air yang cukup dalam, dapat membuat ban mobil lebih mudah mendapatkan gejala aquaplaning ini.

 

Persiapan berkendara hujan:

Sebagai tindakan preventif, setiap pemilik kendaraan untuk memastikan semuanya siap menghadapi hujan. Bagian yang perlu dicermati adalah sistem kelistrikan, ban, dan hal-hal terkait visibilitas. Saat hujan kelistrikan bisa jadi bermasalah karena ancaman air, pemeriksa dan pemperbaiki kondisi kabel-kabel jangan sampai ada yang sobek.

Soal ban, pemilik wajib memeriksa berdasarkan Thread Wear Indicator (TWI) plus ditambah pengamatan mata untuk mencari lebih detail masalah ban seperti aus, luka, dan lain sebagainya.
Masalah ban seperti tekanan udara tidak ideal dan aus bisa mendukung terjadinya aquaplaning.
Terkait visibilitas pemilik disarankan memeriksa kondisi karet wiper dan lampu-lampu. Karet wiper yang sudah getas seharusnya diganti sebagai persiapan hujan sedangkan lampu-lampu perannya penting bukan hanya untuk membantu visibilitas tetapi juga bentuk komunikasi dengan kendaraan lain di jalanan. 



Baca juga
  » 26 Agustus 2018
Surga Kecil di Bromo
Bromo merupakan salah satu destinasi wisata yang favorit di Indonesia. Tak hanya keindahan alam yang disuguhkan oleh Bromo tapi disini kita disadarkan bahwa "God is the best creator". Warga sekitar menyebutkan bahwa Bromo tak pernah sepi dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Lalu apa saja yang bisa kita nikmati di Bromo ini?

  » 26 April 2018
Welcome to Semarang, Kota Penuh Kuliner Legendaris
Semarang Kota Altlas, Semarang Kota Kuliner. Yuk, intip kuliner apa saja yang legendaris di Kota Semarang.

  » 14 Februari 2018
Referensi Hotel di Jogja!
Mau Liburan di Jogja? Sudah tau mau menginap dimana? Atau masih bingung? Nih, kita kasih referensi hotel yang ada di Jogja kota istimewa...

  » 30 Juni 2017
Arus Balik
Yakin perjalanan anda lancar? Bingung memenntukan jalur yang akan dilewati?

  » 15 Juni 2017
STNK
Syarat pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor area Semarang.

  » 31 Mei 2017
HTTS
Hari Tanpa Tembakau Sedunia "Rokok Ancam Kita dan Pembangunan"

Login
Shopping Cart
shopping cart
Information
Pembayaran
BCA

803-009-7433

Asteria Narulita Pramana


Mandiri

135-001-472-6580

Asteria Narulita Pramana


Credit Crad

Midtrans


www.omahfeast.com (Est. 2016)

Semarang - Indonesia

© 2020


Toko Online